Penjualan supermarket Jepang terus menurun pada awal tahun ini, tetapi pada kecepatan yang sedikit lebih lambat dari pada bulan sebelumnya menurut sebuah laporan dari Asosiasi Chain Store Jepang hari Senin (23/02). Sebelumnya juga dilaporkan penjualan minimarket/waralaba negeri tersebut juga alami penurunan.
Penjualan supermarket turun 1,7 persen secara basis tahunan pada bulan Januari 2015, lebih lambat dari 1,8 persen penurunan bulan Desember. Namun secara bulanan, penjualan supermarket anjlok 15,3 persen pada bulan Januari.
Untuk penjualan minimarket di Jepang juga alami penurunan 0,7% secara tahuan pada bulan Januari, penurunan bulanan terkecil sejak kenaikan pajak tahun lalu, menurut angka yang dirilis oleh Asosiasi Franchise Jepang. Namun meskipun demikian terjadi peningkatan pada penjualan lauk, kotak makan siang dan produk utama lainnya.
Pada bulan Januari lalu penjualan turun untuk 10 bulan berturut, namun margin penurunan meningkat 0,5 poin dari bulan Desember dan penjualan benar-benar meningkat dari Januari 2014. Penjualan di Seven-Eleven Jepang – peritel terbesar di negara itu naik untuk 30 bulan berturut sebesar 2,4% pada bulan Januari.
Untuk toko-toko peritel lainnya terjadi juga penurunanan seperti di Lawson yang menurun 0,6%, Circle K Sunkus turun 1,9%, Ministop turun 1,7% yang merupakan penurunan terkecil sejak pajak dinaikkan. Selain itu peritel Family yang menjual sandwich naik 5% secara secara tahunan setelah peritel menambahkan lebih banyak varietas untuk lini premium.
Joel/VMN/VBN /Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens
Penjualan supermarket turun 1,7 persen secara basis tahunan pada bulan Januari 2015, lebih lambat dari 1,8 persen penurunan bulan Desember. Namun secara bulanan, penjualan supermarket anjlok 15,3 persen pada bulan Januari.
Untuk penjualan minimarket di Jepang juga alami penurunan 0,7% secara tahuan pada bulan Januari, penurunan bulanan terkecil sejak kenaikan pajak tahun lalu, menurut angka yang dirilis oleh Asosiasi Franchise Jepang. Namun meskipun demikian terjadi peningkatan pada penjualan lauk, kotak makan siang dan produk utama lainnya.
Pada bulan Januari lalu penjualan turun untuk 10 bulan berturut, namun margin penurunan meningkat 0,5 poin dari bulan Desember dan penjualan benar-benar meningkat dari Januari 2014. Penjualan di Seven-Eleven Jepang – peritel terbesar di negara itu naik untuk 30 bulan berturut sebesar 2,4% pada bulan Januari.
Untuk toko-toko peritel lainnya terjadi juga penurunanan seperti di Lawson yang menurun 0,6%, Circle K Sunkus turun 1,9%, Ministop turun 1,7% yang merupakan penurunan terkecil sejak pajak dinaikkan. Selain itu peritel Family yang menjual sandwich naik 5% secara secara tahunan setelah peritel menambahkan lebih banyak varietas untuk lini premium.
Joel/VMN/VBN /Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens
Tidak ada komentar:
Posting Komentar