Pages

Rabu, 05 Agustus 2015

Meski Sedikit Tergelincir, Prospek Bisnis Manufaktur Jerman Tetap Oke

Sebelumnya, skor GfK Consumer Confidence Jerman yang selama ini digunakan untuk mengukur bagaimana optimisme konsumen dan pebisnis di negara ini diproyeksikan masih akan tetap stabil pada skor 10,1 pada bulan Agustus mendatang. Saat ini iklim bisnis di Jerman nampaknya sedang berusaha kembali mendapatkan momentumnya. Indeks keyakinan bisnis di Jerman misalnya untuk bulan Juli ini dilaporkan naik menjadi 108 dari sebesar 107,5 yang tercatat di bulan sebelumnya yaitu bulan Juni. (Lihat juga: Ekonomi Perlahan Pulih Meski Pengangguran di Jerman Bertambah)
Menyusul rilis positif tersebut, awal pekan ini kinerja manufaktur Jerman periode Juli 2015 dilaporkan mencatat laju ekspansi yang sedikit lebih lambat dari bulan sebelumnya. Berdasarkan data yang dirilis oleh kantor Destatis Jerman tercatat bahwa skor PMI Manufaktur Jerman periode Juli lalu berakhir turun tipis ke skor 51,8 dari sebesr 51,9 yang tercatat dibulan Juni. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Germany Manufacturing PMI
Meski skor PMI manufakturnya sedikit tergelincir, para produsen manufaktur di negara ini justru melaporkan bahwa hingga Juli lalu sektor manufaktur di Jerman berhasil konsisten pada fase ekspansi, selain itu ekspansi lapangan kerja yang tercipta dari sektor ini juga tercatat meningkat pada Juli lalu. Sebagai informasi, jumlah lapangan pekerjaan yang berhasil tercipta lewat sektor manufaktur ini berhasil mencetak rekor terbanyak dalam kurun 3 (tiga) bulan terakhir pada Juli lalu. Sementara itu, biaya input juga tercatat meningkat lpada bulan Juli, sehingga ada harapan inflasi di negara ini dapat menguat. 
Para pelaku pasar di Jerman sejauh ini nampak cukup optimis bahwa pertumbuhan ekonomi Jerman dapat menyentuh target pertumbuhan sebesar 2 persen pada tahun fiskal 2015 ini. Optimisme ini muncul dengan pertimbangan harga minyak yang masih murah, kuatnya konsumsi swasta, dan nilai tukar euro yang lemah dapat memicu ekspor. Selain itu, dampak dari kekhawatiran krisis Yunani memang sudah mereda, dan cukup memberikan dampak positif bagi ekonomi Jerman

Stephanie Rebecca/VM/VBN/ Analyst at Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar